Hidroponik : Murah dan Gampang

Hidroponik : Murah dan gampang Dalam berhidropnik tidaklah selalu harus memerlukan modal yang besar seperti yang pernah anda dengar, banyak sekali barang bekas yang bisa kita gunakan dalam berhidroponik, disini saya akan memberikan contoh dengan menggunakan bahan2 yang bisa dikatakan sangat murah dan mudah didapati di sekeliling kita. Saya menggunakan styrofoam bekas buah anggur yang saya dapat dari kios buah pinggir jalan, kali ini saya menggunakan sistem wick atau sumbu dalam berhidroponik
Bahan : Styrofoam bekas buah seharga Rp.3.000 bahkan bisa gratis, Plastik Hitam 70x 100 biasanya buat kantong sampah Rp 20.000 isi 10 lembar, Lem Putih (lem kayu) Rp 10.000, Gelas bekas Air mineral jg gratis, Kain flanel, tisu basah bisa jg digunakan.

Peralatan : Gunting Hole saw kalo tidak ada gunakan kawat dibuat lingkaran kemudian dibakar coblos ke styrofoam, Bor jika menggunakan hole saw, Cutter,  Kuas. berikut gambar contohnya :


contoh diatas untuk menanam kangkung terdapat 15 lubang, satu lubang diisikan 5-7 bibit kangkung. kalo buat sawi kriting, pakchoy cukup 8 lubang saja dan 1 lubangnya diisikan 1-2 bibit saja.



Posting Komentar

Postingan Populer